![]() |
image from google |
Matematika PageRanks untuk jaringan sederhana, yang dinyatakan sebagai persentase. (Google menggunakan skala logaritmik .) Halaman C memiliki PageRank yang lebih tinggi dari halaman E, meskipun ada link yang lebih sedikit untuk C; satu link C berasal dari halaman penting dan karenanya memiliki nilai yang tinggi. Jika peselancar web yang dimulai pada halaman acak memiliki kemungkinan 85% memilih link acak dari halaman mereka saat mengunjungi, dan kemungkinan 15% melompat ke halaman yang dipilih secara acak dari seluruh web, mereka akan mencapai halaman E 8,1% dari waktu. (15% kemungkinan melompat ke halaman sewenang-wenang sesuai dengan faktor redaman dari 85%.) Tanpa redaman, semua peselancar web akhirnya akan berakhir pada Halaman A, B, atau C, dan semua halaman lain akan memiliki PageRank nol. Di hadapan redaman, Laman A efektif link ke semua halaman di web, meskipun tidak memiliki link keluar sendiri.
PageRank merupakan algoritma yang digunakan oleh Google Search untuk peringkat situs dalam hasil mesin pencari mereka. PageRank dinamai Larry Page , salah satu pendiri Google. PageRank adalah cara untuk mengukur pentingnya halaman situs. Menurut Google:
Karya PageRank dengan menghitung jumlah dan kualitas link ke halaman untuk menentukan perkiraan kasar betapa pentingnya website ini. Asumsi yang mendasarinya adalah bahwa website yang lebih penting adalah kemungkinan untuk menerima lebih banyak link dari situs-situs lain.
Ini bukan satu-satunya algoritma yang digunakan oleh Google untuk memesan hasil mesin pencari, tetapi algoritma pertama yang digunakan oleh perusahaan, dan itu adalah yang terbaik dikenal.
Kartun yang menggambarkan prinsip dasar PageRank. Ukuran masing-masing wajah sebanding dengan ukuran total wajah lain yang menunjuk ke sana.
Sebuah hasil PageRank dari algoritma matematika berdasarkan webgraph , diciptakan oleh semua Dunia halaman Wide Web sebagai node dan hyperlink sebagai tepi, dengan hub otoritas pertimbangan seperti cnn.com atau usa.gov . Nilai peringkat menunjukkan pentingnya suatu halaman tertentu. Sebuah hyperlink ke halaman dianggap sebagai suara dukungan. PageRank dari halaman didefinisikan secara rekursif dan tergantung pada jumlah dan PageRank metrik dari semua halaman yang link ke sana (" masuk link "). Halaman yang dikaitkan oleh banyak halaman dengan PageRank tinggi menerima peringkat tinggi itu sendiri.
Banyak makalah akademis tentang PageRank telah dipublikasikan sejak Page dan Brin kertas asli. Dalam prakteknya, konsep PageRank mungkin rentan terhadap manipulasi. Penelitian telah dilakukan dalam mengidentifikasi peringkat PageRank palsu dipengaruhi. Tujuannya adalah untuk menemukan cara yang efektif untuk mengabaikan link dari dokumen dengan PageRank palsu dipengaruhi.
Algoritma berbasis link-lain peringkat untuk halaman web termasuk algoritma HITSditemukan oleh Jon Kleinberg (digunakan oleh Teoma dan sekarang Ask.com ), IBM proyek PINTAR , yang TrustRank algoritma dan algoritma hummingbird .