Kata taktis dalam proses perencanaan bisnis berarti menerapkan pemikiran strategis kreatif dan menggunakan sumber daya dengan cepat dan efisien. Hal ini membutuhkan antisipasi tren pasar, respon cepat terhadap tindakan pesaing dan fleksibilitas untuk menyesuaikan strategi Anda jika kondisi berubah. Taktik adalah langkah-langkah spesifik perusahaan yang diperlukan untuk melaksanakan strateginya. Sebuah rencana bisnis taktis menjelaskan apa yang harus dilakukan, siapa yang bertanggung jawab untuk setiap tugas dan sumber daya perusahaan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas.
Langkah 1
Mempelajari pesaing Anda. Tentukan kelemahan pesaing Anda dan mengevaluasi kekuatan inti perusahaan Anda. Tentukan bagaimana posisi terbaik perusahaan Anda di pasar, menyerang niche tidak cukup dilayani oleh pesaing.
Langkah 2
Mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dengan meminta masukan dari pelanggan. Tanyakan kepada mereka apa yang perusahaan Anda bisa melakukan lebih baik - apa produk atau jasa baru yang bisa memberikan mereka, dan bagaimana Anda dapat meningkatkan tingkat layanan pelanggan. Menjadi perusahaan di pasar yang menyediakan apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan saat ini.
Langkah 3
Mengantisipasi tren pasar. Memonitor industri Anda, ekonomi secara umum dan ceruk pasar yang spesifik Anda. Lakukan ini secara terus-menerus, bukan hanya pada waktu yang dijadwalkan Anda mempersiapkan rencana bisnis perusahaan untuk tahun yang akan datang. Pelajari cara untuk menemukan pergeseran besar dalam selera konsumen dan preferensi. Mencari tren yang menunjukkan pasar baru yang lahir dan permintaan pelanggan yang diciptakan.
Langkah 4
Menangkap peluang sebelum pesaing melakukannya. Berusaha untuk menciptakan pertama ke pasar keuntungan dan bahkan terbaik untuk keuntungan pasar, menjadi perusahaan pertama yang membawa segar, solusi inovatif untuk pasar Anda. Membuat jaringan profesional yang dapat digunakan untuk melakukan outsourcing segmen proyek yang tidak sesuai dengan kemampuan saat ini staf Anda, sehingga Anda dapat dengan cepat mengakses sumber daya tersebut bila diperlukan.
Langkah 5
Apakah rencana darurat dipikirkan. Mengakui bahwa tidak semua strategi Anda akan mencapai hasil yang Anda harapkan. Bersiaplah untuk mengubah arah ketika salah satu taktik tidak bekerja dengan baik. Mempersiapkan apa-jika skenario sehingga Anda memiliki tanggapan siap langkah strategis pesaing mengambil, atau perubahan yang tak terduga - positif atau negatif - dalam industri atau ekonomi secara umum.
- Beberapa strategi, terutama yang menyangkut pengembangan produk baru, mungkin tidak sepenuhnya dilaksanakan selama satu tahun. Lakukan rencana jangka panjang selama tiga sampai lima tahun ke depan sehingga Anda terus-menerus dapat memiliki produk baru di dalam pipa.
- Taktik harus didefinisikan sebaik-baiknya, tidak samar-samar, seperti "kita akan mengiklankan lebih." Anda perlu memilih media iklan terbaik dan memiliki alasan logis untuk keputusan Anda.
- Pikirkan gambaran besar. Jangan membatasi diri Anda untuk produk Anda saat ini dan layanan - -atau bahkan industri Anda beroperasi di hari ini. Brainstorming bagaimana untuk memperluas perusahaan Anda ke daerah-daerah baru peluang.
Peringatan
- Jadilah realistis tentang kemampuan dan sumber daya perusahaan Anda memiliki. Hanya karena Anda mengidentifikasi peluang yang muncul dengan cepat bukan berarti bisnis Anda adalah yang terbaik untuk memanfaatkan itu. Selalu menekankan kekuatan Anda saat Anda memilih arah strategis Anda.