Rencana Pengantar Pemasaran

Rencana Pengantar Pemasaran
image from google
Sebuah aspek penting dari setiap rencana bisnis adalah rencana pemasaran. Proses pemasaran meliputi temuan, memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan, serta membangun kesadaran masyarakat merek. Sebuah rencana pemasaran menetapkan metode perusahaan akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Sebuah rencana pemasaran dasar juga mencakup tujuan perusahaan untuk menyelesaikan tugas-tugas ini dan mencapai tonggak tertentu.

Ringkasan Eksekutif

Bagian ringkasan eksekutif dari rencana pemasaran terdiri dari ringkasan status perusahaan dan rencana masa depan. Ringkasan satu halaman dianggap sebagai aspek yang paling penting dari rencana pemasaran, karena mengembun informasi pemasaran penting. Ringkasan meliputi nama perusahaan, nama produk, deskripsi produk, daftar keunggulan kompetitif produk dan target pasar. Ringkasan ini juga mencantumkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk penjualan produk dan pangsa pasar, bersama dengan data pemasaran lainnya.

Pasar Sasaran

Faktor kunci keberhasilan setiap rencana pemasaran adalah mengidentifikasi "target pasar." Sebuah target pasar termasuk pelanggan potensial dalam kelompok demografis, geografis atau sosial-ekonomi tertentu. Bagi banyak produk, target pasar tidak terbatas pada pengguna produk. Ketika NIVEA FOR MEN meluncurkan kembali merek, perusahaan tidak membatasi target pasarnya hanya laki-laki (pengguna produk), tetapi diperluas rencana pemasaran untuk melibatkan perempuan (yang sering membeli produk).

Situasi Pemasaran saat ini

Sebelum rencana pemasaran dapat mengusulkan langkah-langkah yang efektif untuk kesuksesan masa depan, itu harus mencakup analisis situasi sekarang. Aspek kunci dari bagian ini mencakup analisis SWOT. Analisis SWOT menentukan kekuatan dan kelemahan dari staf marketing, menemukan peluang untuk profitabilitas dan memeriksa potensi ancaman terhadap keberhasilan rencana tersebut. Bagian ini juga termasuk penilaian pada tren sosial dan politik saat ini yang dapat mempengaruhi keberhasilan rencana itu, serta bagaimana produk tumpukan menghadapi kompetisi.

Tujuan dari Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran juga harus menyertakan jelas, tujuan terukur. Staf pemasaran dapat menggunakan tujuan tersebut untuk menentukan efektivitas rencana seperti itu mulai berlaku. Rencana tersebut harus menyatakan tujuan dalam bahasa tertentu dan menggunakan data terukur, seperti saham, volume penjualan pasar dan laba atas investasi, untuk menentukan keberhasilannya. Tujuan juga biasanya mencakup batas waktu untuk mencapai tonggak ini (misalnya 30 persen pangsa pasar setelah satu tahun, 50 persen setelah dua tahun, dll).

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran bagian detail metode yang perusahaan bermaksud untuk menggunakan untuk memenuhi tujuan mereka. Bagian ini termasuk "Empat P" pemasaran: produk, promosi, harga dan tempat. Bagian produk termasuk rencana pada merek, penamaan dan menambah produk. Bagian Promosi daftar metode yang digunakan untuk membawa produk ke perhatian publik. Bagian Harga menganalisis berbagai titik harga produk. Bagian Tempat detail di mana dan bagaimana produk tersebut akan didistribusikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rencana Pengantar Pemasaran