Manajemen sumber daya manusia (SDM) adalah pengawasan rekrutmen karyawan, perekrutan dan retensi dalam sebuah organisasi. Peran dan tanggung jawab profesional SDM bervariasi oleh industri dan dengan ukuran perusahaan. Sementara manajer semua sumber daya manusia bertanggung jawab untuk bertindak dalam batas-batas hukum dan kebijakan perusahaan, ada dua faktor utama yang mempengaruhi peran SDM dan tanggung jawab: kekuatan eksternal dan internal.
Faktor eksternal
Faktor eksternal adalah variabel yang mempengaruhi organisasi dari luar. Salah satu contoh adalah perubahan legislatif yang mempengaruhi bagaimana SDM beroperasi, seperti perubahan undang-undang upah minimum, perubahan peraturan keselamatan kerja atau penambahan hukum pelecehan di tempat kerja. Contoh lain dari faktor eksternal adalah teknologi. Profesional SDM harus mengubah peran dan tanggung jawab mereka sebagai perubahan teknologi, memastikan informasi karyawan swasta disimpan dalam rahasia, sistem pengarsipan komputerisasi dilindungi dan bahwa karyawan akan diberitahu jika komputer atau telepon penggunaannya dipantau. Faktor eksternal tambahan adalah bahwa perubahan budaya yang berdampak tempat kerja, seperti karyawan meminta waktu untuk merayakan hari besar agama atau izin untuk memakai simbol-simbol agama di tempat kerja.
Respon untuk Faktor Eksternal
Profesional SDM harus beradaptasi dengan faktor eksternal dengan mengubah peran dan tanggung jawab mereka. Ini termasuk tinggal up-to-date pada topik seperti hukum ketenagakerjaan, standar perburuhan yang adil dan diskriminasi di tempat kerja dan hukum pelecehan. Hal ini juga melibatkan mengembangkan buku pegangan karyawan rinci yang terus diperbarui untuk mencerminkan perubahan kebijakan perusahaan. Selain itu, mungkin melibatkan mengembangkan seminar pelatihan karyawan, seperti forum kepekaan budaya, dan memperbarui dan posting poster hukum ketenagakerjaan federal sebagai undang-undang baru diberlakukan.
Faktor Internal
Faktor internal yang mempengaruhi peran profesional SDM terkait dengan peristiwa dan perubahan yang terjadi di dalam perusahaan itu sendiri. Hal ini dapat mencakup perubahan kepemilikan, perubahan radikal dalam struktur manajemen internal, merger, akuisisi dan perampingan signifikan atau tren menyewa. Faktor internal juga dapat mencakup penambahan atau penghapusan produk utama atau jasa, penambahan atau kehilangan klien besar atau restrukturisasi departemen. Yang terakhir ini biasanya datang dengan perubahan budaya perusahaan, yang secara langsung mempengaruhi karyawan. Peran dan tanggung jawab profesional SDM sering berubah sebagai faktor internal terwujud.
Respon untuk Faktor Internal
Profesional SDM biasanya diberitahu ketika perubahan besar terjadi dalam sebuah perusahaan, memberi mereka waktu untuk menilai kembali dan mengubah peran dan tanggung jawab yang ada untuk lebih mencerminkan dinamika lingkungan kerja pergeseran. Sebagai peran karyawan berubah, profesional SDM akan sering dipanggil untuk bertindak dalam kapasitasnya sebagai penasihat, mendirikan deskripsi pekerjaan baru dan sering membuat perubahan manfaat, pembagian keuntungan dan fasilitas perusahaan lainnya. Profesional SDM juga lembaga pelatihan dan program pendidikan dan seminar dan membantu karyawan dengan transisi masuk dan keluar dari posisi dan masuk dan keluar dari perusahaan.