Rencana pemasaran yang ditetapkan strategi yang komprehensif untuk mengembangkan produk dan jasa untuk segmen pasar tertentu, menginformasikan kepada pelanggan tentang produk dan mendapatkan produk ke tangan pelanggan. Sebuah rencana pemasaran pada dasarnya memperluas atas bagian pemasaran rencana bisnis, masuk ke detail yang lebih besar ke dalam lingkungan yang kompetitif dan taktik yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Semua rencana pemasaran harus dirancang sekitar tujuan dicapai, terukur dan tepat waktu.
Pangsa Pasar Tujuan
Meningkatkan pangsa pasar adalah tujuan akhir dari rencana pemasaran usaha kecil. Usaha kecil masuk ke industri mereka sebagai underdog, mengambil setiap keunggulan kompetitif yang mereka bisa untuk mendapatkan pelanggan dari pesaing mapan mereka. Banyak teknik yang digunakan untuk mendapatkan pangsa pasar dapat ditemukan dalam rencana pemasaran, membuat pertumbuhan pangsa pasar tujuan tidak dapat dihindari dari rencana pemasaran yang komprehensif. Pelacakan tingkat perusahaan dari akuisisi pelanggan baru adalah cara yang efektif untuk mengukur kontribusi rencana pemasaran untuk pangsa pasar yang berkembang. Masukan sistem sederhana di tempat untuk memastikan apakah setiap pelanggan yang Anda layani selama kampanye pemasaran Anda adalah pelanggan baru atau yang sudah ada dan membandingkan jumlah pelanggan baru setiap hari selama kampanye untuk mengukur kemajuan menuju tujuan Anda.
Retensi Pelanggan
Mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan senang hati kembali adalah sama pentingnya dengan mendapatkan pelanggan baru. Pangsa pasar dapat diperoleh sementara dengan harga promosi dan penjualan grand opening, namun rencana pemasaran yang paling efektif meningkatkan pangsa pasar secara permanen. Tingkat retensi pelanggan dapat dilacak menggunakan maju point-of-sale sistem yang menggunakan nomor telepon pelanggan atau informasi lain untuk melacak perilaku pembelian.
Tujuan Penjualan
Departemen pemasaran selalu berkaitan dengan pertumbuhan penjualan top-line, atau membawa lebih banyak uang ke dalam perusahaan. Pertumbuhan penjualan ini terutama penting bagi usaha kecil, yang sering beroperasi pada kerugian untuk pertama mereka untuk tiga tahun dalam bisnis. Tumbuh angka penjualan bisa menjadi tanda yang jelas dari pemasaran efektivitas, sehingga tujuan yang ideal untuk rencana pemasaran.
Efisiensi Biaya
Selain pertumbuhan top-line, departemen pemasaran memiliki tanggung jawab untuk menjaga biaya serendah mungkin, memberikan kontribusi untuk bottom-line profitabilitas di samping pendapatan. Sementara tujuan rencana pemasaran utama yang berpusat di sekitar pertumbuhan dan layanan pelanggan, rencana pemasaran dapat memiliki tujuan sekunder yang berkaitan dengan biaya pelaksanaan strategi pemasaran. Tujuan biaya tertentu dapat diletakkan di tempat untuk memaksimalkan efisiensi biaya promosi penjualan, kegiatan public relations dan periklanan dan umumnya memastikan bahwa perusahaan kecil mendapatkan yang paling bang untuk uang pemasaran.