Contoh Taktis Perencanaan Bisnis

Contoh Taktis Perencanaan Bisnis
image from google

Perencanaan taktis membutuhkan rencana strategis perusahaan dan menetapkan tindakan jangka pendek yang spesifik dan rencana, biasanya dengan departemen perusahaan atau fungsi. Horison perencanaan taktis lebih pendek dari rencana strategis cakrawala. Jika rencana strategis selama lima tahun, rencana taktis mungkin untuk jangka waktu satu sampai tiga tahun, atau bahkan kurang, tergantung pada jenis pasar bisnis melayani dan langkah perubahan.

Karakteristik Taktis Rencana

"Perencanaan Taktis Vs. Perencanaan Strategis," sebuah artikel di situs Inovasi Manajemen, menguraikan beberapa perbedaan utama antara perencanaan strategis dan taktis. Pertama, eksekutif biasanya bertanggung jawab untuk rencana strategis, karena mereka memiliki yang terbaik pemandangan luas dari korporasi. Manajer yang lebih rendah tingkat memiliki pemahaman yang lebih baik dari operasi sehari-hari, dan mereka biasanya orang-orang yang bertanggung jawab untuk perencanaan taktis. Kedua, perencanaan strategis berkaitan dengan masa depan, dan perencanaan taktis dengan hari ini. Ketiga, karena kita tahu lebih banyak tentang hari ini daripada yang kita lakukan tentang masa depan, rencana taktis yang lebih rinci dari rencana strategis.

Keluwesan

Fleksibilitas perlu dibangun ke dalam rencana taktis untuk memungkinkan peristiwa tak terduga. Sebagai contoh, jika perusahaan Anda memproduksi produk, Anda akan perlu untuk membangun fleksibilitas dalam rencana Anda untuk mesin kerusakan dan pemeliharaan. Anda tidak bisa menganggap Anda akan dapat menjalankan mesin Anda pada kecepatan penuh sepanjang waktu.

Contoh Rencana Taktis Pemasaran

Asumsikan sejenak perusahaan Anda menjual produk asuransi di daerah metropolitan besar. Rencana pemasaran taktis untuk perusahaan asuransi Anda harus menguraikan, langkah demi langkah, setiap komponen pemasaran yang diperlukan untuk memenuhi tujuan dan visi rencana strategis perusahaan Anda.
Sebagai contoh, jika Anda memutuskan salah satu cara terbaik untuk mencapai target konsumen Anda diiklankan TV, maka rencana taktis perlu hati-hati menguraikan spesifik dari kampanye TV. Langkah-langkah dalam mengembangkan rencana ini meliputi, tetapi tidak terbatas pada, memutuskan pada pesan yang sesuai; mengatur produksi komersial; memutuskan apa saluran untuk udara komersial dan kapan; dan menindaklanjuti dengan pelanggan potensial yang menanggapi kampanye.

Komunikasi Antar Daerah Fungsional

Penanganan pertanyaan pelanggan yang dihasilkan dari iklan TV Anda mungkin menjadi tanggung jawab departemen penjualan perusahaan Anda. Rencana taktis untuk departemen penjualan perlu dikembangkan dalam konser dengan departemen pemasaran. Rencana penjualan harus membahas bagaimana volume panggilan akan ditangani, berapa banyak orang ini akan membutuhkan dan bagaimana lead penjualan akan diikuti. Departemen pemasaran akan perlu memberikan departemen penjualan dengan informasi tentang kampanye TV sehingga penjualan dapat menyelesaikan rencana taktis sendiri.

Mengukur dan Mempersiapkan Mengubah

Titik perencanaan taktis adalah untuk mencapai tujuan dan sasaran dari rencana strategis. Tapi pasar dan lingkungan bisnis dapat berubah dengan cepat. Ketika ini terjadi, sekarang saatnya untuk menilai kembali bagaimana taktik berkinerja terhadap tujuan yang dinyatakan dan mengubah taktik jika perlu. Menurut businesscoachingexecutive.com, fleksibilitas dalam menghadapi perubahan adalah komponen penting dari proses perencanaan taktis yang sedang berlangsung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh Taktis Perencanaan Bisnis