Silsilah Nabi Muhammad dan Suku Quraisy

Suku Quraisy (bahasa Arabقريش‎ الأمة​) adalah Suku bangsa Arab dari Keturunan Nabi Ibrahim, mereka hidup dan tinggal di mekkah dan daerah sekitarnya. Quraisy Lembah ialah Suku Quraisy yang hidup di Mekkah, dan yang lainnya tinggal lebih jauh mengelilingi bagian Mekkah disebut dengan Quraisy Pinggiran.

Nama Quraisy merupakan penamaan yang berasal dari nama lain leluhur atau nenek moyang Nabi Muhammad yaitu Fihr, dari Keturunan Fihr sampai ke Qushay bin Kilab. Silsilah yang lengkapnya yaitu sebagai berikut Muhammad bin Abdullah bin 'Abd al-Muththalib bin Hâsyim bin 'Abd al-Manâf bin Qushay bin Kilab bin Murra bin Kaa'b bin Lu'ay bin Ghalib bin Quraisy (Fihr) bin Malik bin Nazar bin Kinanah bin Khuzaymah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mazar bin Nazar bin Ma'ad bin Adnan bin Ismail bin Ibrahim.

Nabi Muhammad merupakan Rosul Yang paling Utama dan sekaligus penutup para Rosul dan Penyempurna Risallah Para Rosul.


Silsilah Nabi Muhammad dan Suku Quraisy
Skema Silsilah Nabi Muhammad dan Suku Quraisy
Garis silsilah / keturunan Arab berasal dari:
  1. Ba'idah (العرب البائدة) yaitu artinya punah, merupakan suku yang pernah tinggal di Jazirah Arab dan telah lama punah. Sejarah mereka sedikit sekali yang dapat diketahui, kebanyakan informasi tentang mereka berasal dari Perjanjian Lama dan Al-Qur'an. Selain itu dari penggalian-penggalian arkeologis yang ditemukan oleh para arkiolog. Mereka termasuk dari kaumʿĀd, Tsamud, Tasam, Jadis, Imlaq dan lainnya.
  2. Qahtani (العرب العاربة) yaitu Menurut dugaan mereka berasal dari keturunan Ya'rub bin Yasyjub bin Qahtan bin Hud, sering pula dikenal dengan Bangsa Arab Qahtan. Kebanyakan mereka tinggal di daerah Yaman dan kemudian menyebar luas ke daerah lainnya. Peradaban mereka diketahui cukup tinggi dan maju. Dapat dibuktikan dengan penemuan-penemuan arkeologis yang mengungkapkan cara kehidupan mereka sehari-hari. Keturunan dari Qahtani ini ada yang menyebar sampai ke Yatsrib yaitu nama kuno untuk Madinah, yaitu dari Bani 'Aus dan Bani Khazraj yang dikenal sebagai Kaum Anshar.
  3. Adnani (عدنان) yaitu kaum yang di perkirakan berasal dari keturunan Nabi Ismail (Bani Ismail) melalui anaknya yang bernama Adnan. Ada juga yang menyebut Bangsa Arab Adnan dan Quraisy merupakan termasuk cabang dari keturunannya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Silsilah Nabi Muhammad dan Suku Quraisy