![]() |
image from google |
Sebuah strategi pemasaran membantu untuk mengembangkan cara-cara yang efisien untuk menjangkau pelanggan dan mendorong loyalitas masa depan mereka untuk bisnis, produk atau jasa. Rencana pemasaran berfokus pada peluang terbaik untuk meningkatkan penjualan dan naik di atas kompetisi dengan berfokus pada kekuatan perusahaan. Unsur-unsur yang saling terkait dari rencana pemasaran membangun tindakan untuk sebuah perusahaan.
Tujuan
Menetapkan tujuan yang realistis adalah elemen utama dari strategi pemasaran yang baik. Anda dapat menetapkan tujuan realistis dengan menyatakan apa yang ingin Anda capai dengan rencana pemasaran Anda. Jelas, salah satu tujuan utama dari strategi pemasaran adalah untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan. Seiring dengan ini, nama perusahaan Anda dan reputasi harus dikembangkan dan dibangun di dalam masyarakat dan, lebih khusus, dalam target pasar Anda. Merek Anda dan identitas meletakkan dasar bagi cara pelanggan memandang perusahaan Anda. Tujuan lain yang penting dalam strategi Anda akan memberikan kualitas dan layanan pelanggan yang konsisten.
Pasar Sasaran
Identifikasi pelanggan yang ada dan potensi dan kebutuhan mereka merupakan elemen kunci dalam strategi pemasaran. Dengan informasi ini, perusahaan bekerja untuk memenuhi kebutuhan ini lebih menyeluruh atau berhasil dari kompetisi. Tentu saja, bisnis Anda tidak dapat memenuhi setiap kebutuhan bagi setiap orang, sehingga Anda harus menganalisa pasar untuk menentukan bagaimana untuk fokus pada kebutuhan individu dalam target pasar. Tanpa fokus pada target Anda, Anda akan membuang-buang waktu, tenaga dan uang, pengecoran terlalu lebar jaring. Tujuan dari mengidentifikasi target pasar Anda dan bekerja untuk memenuhi kebutuhan mereka adalah pengembangan hubungan dan loyalitas pelanggan.
Sebuah strategi pemasaran yang solid mencakup analisis SWOT jujur bisnis, yang merupakan rincian dari perusahaan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Jika nama perusahaan Anda diakui dalam pasar Anda, itu suatu kekuatan; kurangnya pengakuan kelemahan. Sebuah kesempatan bisa datang dari meningkatnya permintaan di suatu tempat di pasar Anda; ancaman umum adalah pesaing baru. Hasil analisis SWOT memandu strategi pemasaran Anda. Sebagai contoh, jika pemasok yang prohibitively menaikkan biaya pada produk yang kurang populer, Anda mungkin perlu mempertimbangkan mengubah lini produk atau mencari pemasok baru. Atau jika SWOT mengungkapkan hubungan pelanggan yang luar biasa tetapi posisi keuangan yang lemah, pemasaran Anda mungkin perlu fokus pada peningkatan word-of-mouth upaya iklan gratis.
Pesan
Dalam strategi pemasaran yang baik, pesan perusahaan harus jelas dan mengundang. Bisnis harus berdiri terpisah dari yang lain dengan berkomunikasi pesan pemasaran yang konsisten. Ini menyampaikan bertubuh unik perusahaan sebagai bisnis yang akan menawarkan layanan yang lebih baik atau atau produk berkualitas tinggi dari kompetisi. Setiap pesan pemasaran harus tentang manfaat produk atau jasa perusahaan akan menawarkan pelanggan.
Kegiatan
Melakukan berbagai tugas dan kegiatan dapat membantu Anda mendidik target pasar Anda tentang produk atau jasa Anda dan sangat penting untuk strategi pemasaran. Kegiatan ini, yang biasanya membangun kekuatan perusahaan dan kebutuhan target pasar, termasuk iklan, public relations, jaringan internet, pameran atau acara lain dan penggunaan media cetak.