Pengecer menggunakan kedua push dan pull strategi untuk mempromosikan dan menjual produk dan jasa. Pengecer juga berada di kedua ujung strategi push-dan-tarik, dengan produsen, grosir dan distributor "mendorong" produk terhadap pengecer dan pengecer mendorong produk kepada pelanggan. Pengecer juga menarik pelanggan dengan berbagai metode. Pengecer sering menggunakan kombinasi pendekatan push-pull untuk menarik pelanggan potensial.
Pengecer di Rantai distribusi
Pengecer biasanya berada di ujung tarik, grosir atau distributor strategi push produsen. Pameran dagang, misalnya, menawarkan distributor dan produk pembuat kesempatan untuk membiasakan pengecer dengan produk dan layanan. Mereka dapat bertemu klien potensial muka dengan muka, menegosiasikan harga dan pengiriman rincian, dan mendiskusikan kemasan dan penempatan.
Dorong Contoh
Mendorong promosi dan strategi iklan mencoba untuk menjual langsung kepada konsumen melalui tempat-tempat seperti partisipasi trade-show, kios dan lainnya point-of-pembelian menampilkan dan hadiah. Showroom penjualan, seperti yang dilakukan oleh dealer mobil, adalah contoh yang baik dari strategi push. Contoh lain adalah adanya perwakilan produsen 'di gerai ritel, seperti rep membagikan sampel gratis dari produk makanan baru di supermarket. Teknik seperti ini juga merupakan contoh strategi push pada bagian produsen atau distributor untuk "menarik" pengecer untuk menjual produk di toko-toko. Penempatan produk --- visibilitas tinggi di rak-rak atau penempatan produk di dekat check-out counter --- teknik mendorong lain. Strategi Dorong sering digunakan dalam hubungannya dengan strategi tarik, seperti iklan surat kabar dan penjualan. Taktik mendorong dipekerjakan oleh sebagian besar produsen dan distributor hulu dari pengecer dengan harapan pengecer meyakinkan untuk menjual produk perusahaan sekaligus menciptakan permintaan pelanggan untuk produk.
Tarik Contoh
Iklan di televisi, iklan surat kabar dan majalah cetak, dan di Internet adalah taktik pengecer tarik standar. Menawarkan kupon dan menyediakan penjualan, diskon, kontes dan hadiah metode tarik lain yang digunakan dalam hubungannya dengan iklan. Perusahaan start-up kecil bahkan dapat menggunakan brosur, ditempatkan pada kaca depan mobil atau melekat pada dinding dan tiang-tiang telepon, untuk menarik pelanggan baru di area geografis yang relatif kecil. Tarik strategi dapat pengecer-centric, yang berarti bahwa iklan mempromosikan toko yang sebenarnya atau merek perusahaan, atau merek khusus --- iklan mempromosikan produk-produk tertentu yang tersedia di toko pengecer. Hal ini biasanya dilakukan dengan terkenal, merek visibilitas tinggi.
Iklan sebagai Kedua Dorong dan Tarik
Pengecer dan produsen terkadang bekerja sama dalam kampanye iklan bersama, memanfaatkan kedua push dan pull strategi. Sebuah produsen dapat mendorong produk baru, misalnya, bersama dengan pengecer oleh kedua setuju untuk membayar TV dan cetak iklan yang mempromosikan produk baru sebagai "tersedia di Pengecer X sekarang." Iklan dapat dilihat baik sebagai dorongan dan strategi pengecer tarik. Iklan berusaha untuk menarik pelanggan ke toko, idealnya meminta dengan nama untuk sangat produk yang muncul di TV atau di iklan surat kabar. Namun teknik ini juga mendorong produk-produk dari produsen langsung ke konsumen. Selain itu, iklan TV yang menciptakan buzz --- iklan Super Bowl tahunan adalah contoh yang baik --- sering memberikan kata-dari mulut ke mulut mendorong iklan yang baik sekaligus menciptakan efek tarik-iklan di penerima seperti penafsiran kedua tangan. Pengecer memanfaatkan strategi push-pull harus membagi upaya dan uang mereka antara promosi dan iklan pengguna akhir, menurut "Pemasaran Bantuan!"